Obat Tegang Leher dan Kaku

By | 16/03/2017

Obat Tegang Leher dan Kaku – Beberapa dari kita pasti kerap mengalami keadaan dimana otot leher kita jadi kaku & tegang, sehingga perkara tersebut mengakibatkan kita kesulitan buat menengok & juga menganggukan kepala anda. umumnya keadaan leher yg kaku & tegang taklah memandang usia, sebab siapapun dapat mengalami perkara ini, yg membedakan ialah intensitas alias lama atau taknya keadaan ini bertahan.

Obat Tegang Leher dan Kaku

Berikut ini ialah beberapa perkara yg bisa kita rasakan saat leher kita terasa kaku & tegang :

  • Muncul rasa nyeri saat menengok & mengangguk
  • Sulit buat tidur dgn nyenyak
  • Jika dipegang, leher terasa sungguh keras
  • Kadang-kadang dibarengi nyeri kepala ataupun pusing, dan kelelahan pun di otot mata

Untuk mengatasi tegang leher lakukan beberapa cara berikut ini

Peregangan buat Menghilangkan Sakit Leher

Peregangan otot-otot di leher kita bisa merawat mereka santai & bebas dari rasa nyeri atau ketegangan. Cobalah peregangan sederhana saat kita mengemudi di mobil kita atau duduk di meja komputer Anda:

Duduk tegak, memijat kedua bahu & lalu bersantai mereka 10 kali. Roll bahu kita ke belakang & ke bawah 10 kali. Perlahan-lahan tempatkan telinga kita di bahu Anda, lakukan sampai 10 kali di setiap sisi. Dorong kepala kita kembali ke head rest mobil kita & tahan selama 30 detik. 

Teknik Memijat Leher yg Kaku

Untuk menurunkan rasa kaku, rasa nyeri & infeksi, cobalah memijat leher kita selama beberapa minute buat mengendurkan otot-otot sementara itu menaikan sirkulasi darah juga.

Anda pun bisa memijat dgn minyak esensial yg baik buat menghilangkan rasa nyeri & infeksi , seperti minyak esensial peppermint, yg berisi sipat analgesik alami yg dgn cara alami menurunkan rasa nyeri. Peppermint pun memiliki kandungan metanol yg membantu dgn cara alami menenangkan nyeri otot.

Berikut cara melakukannya :

  • Cari tempat yg nyeri. Bila di sisi kanan leher atau punggung bagian atas, tempatkan tangan kanan kita di daerah ini. Bila di sisi kiri, pakailah tangan kiri Anda.
  • Tekan daerah itu dgn kuat memakai jari-jari & pijatlah perlahan. umumnya bakal terasa pegal saat kita memijat, teruskan saja.
  • Putar kepala kita sedikit ke arah berlawanan dari rasa kram, & coba tujukan pelipis kanan kita ke arah bahu kanan. Demikian pun dgn pelipis kiri ke arah bahu kiri. Gerakan tersebut bertujuan buat melemaskan otot yg tegang di sekitar leher.
  • Ulangi langkah 1 hingga 3, sekitar 20 kali berturut-turut. Sesudah itu lakukan peregangan yg dipokuskan di bagian leher & jugaggung. Lakukan beberapa kali sehari atau hingga kita merasa lebih nyaman.

Berikan panas lembap ke leher Anda.

Panas bakal membantu merilekskan otot yg tegang, [1] & panas lembap lebih baik daripada dgn panas kering, sebab dapat meresap masuk ke dalam leher dgn lebih epektip. [2] Berikan panas ke punggung atau leher selama tertak 20 minute sekali waktu, 3x dalam sehari.

Bantal penghangat yg lembap (tersedia di apotek) ialah pilihan terbaik buat memberikan panas ke leher Anda, sebab suhunya dapat diatur & ditempelkan buat waktu yg lebih lama. Pilihan lainnya, gunakanlah botol air panas, atau mandi, atau berendamlah dalam air panas.

Letakkan handuk panas di leher Anda.

Masukkan handuk kecil ke dalam semangkuk penuh air panas, atau tuangkan air panas ke seluruh permukaan handuk. tips lainnya, letakkanlah handuk ke dalam pengering pakaian selama 5 – 7 minute. Sehingga handuk cukup kering & airnya tak menetes, namun masih cukup hangat. Lilitkan handuk ke leher kita saat terasa kaku atau nyeri.

Cobalah memakai kantung es buat menenangkan leher Anda.

Rasa dingin bakal meredakan sakit lokal & menurunkan timbunan asam laktat yg bisa mengakibatkan rasa nyeri.[3] Gunakanlah kantung es & letakkan ke bagian leher yg terasa nyeri (biasanya di belakang leher, tepat bawah garis rambut Anda). Biarkan kantung es di sana selama 10 – 15 minute setiap 2 jam sekali.[4]

Anda pun dapat mencoba posisi yg lebih nyaman saat mengompres dingin leher Anda. Duduklah di kursi yg nyaman & sandarkan kepala Anda. Letakkan kantung es di antara bahu & bagian dasar kepala Anda. Sandarkan kepala kita ke belakang sehingga leher kita memperoleh khasiat suhu dingin sepenuhnya.

Beberapa ahli beranggapan bahwa es justru bakal mengakibatkan leher semakin kaku sebab suhu dingin membuat otot kita berkontraksi.[5] Cobalah mana yg terasa nyaman buat leher Anda.
Gunakanlah kompres dingin buat meredakan sakit akut dalam 48 -72 jam pertama, & lalu gantilah dgn kompres panas.[6]

Anggukkan kepala kita ke depan & ke belakang.

Dalam sebagian besar kasus, kaku leher dapat cepat diredakan dgn melakukan serangkaian latihan buat menurunkan ketegangan yg diakibatkan oleh otot yg kaku atau tegang. Regangkan otot di depan & di belakang leher kita dgn menekuk dagu ke arah dada. Lalu angkat dagu kita ke atas. Ulangi selama beberapa minute.

Bila latihan tersebut terasa nyeri, tidak boleh tekuk atau angkat leher kita terlalu jauh. Cobalah buat menggerakkannya sampai terasa sedikit meregang.

Tekuk kepala kita dari satu sisi ke sisi lainnya.

Regangkan otot di samping leher kita dgn menekuk kepala kita dari satu bahu ke bahu lainnya. Terus lakukan gerakan tersebut sampai rasa nyeri sedikit reda, & otot kita berkurang ketegangannya.

Kurangi aktivitas pisik yg berat. Selama beberapa hari pertama sesudah leher kita kaku, menurunkan aktivitas pisik ialah langkah yg tepat. [7] perkara tersebut bakal membantu menurunkan tanda & meredakan infeksi yg mungkin kita alami. Jauhilah olahraga atau latihan berikut ini selama 2 sampai 3 minggu pertama sesudah kaku leher timbul:

  • Sepak bola, hoki, rugbi atau olahraga dgn kontak yg kaya lainnya
  • Golp
  • Berlari atau joging
  • Angkat beban
  • Balet
  • Sit up & angkat kaki

Kunjungilah docter bila kita merasakan nyeri yg tak kunjung reda.

Kadang-kadang kaku leher ialah tanda dari problem yg lebih dalam, seperti bergesernya tulang belakang atau sarap terjepit. Bila kita mengalami kekakuan leher lebih dari beberapa hari, hubungi docter buat mengetahui apakah kita memerlukan perawatan medis. [8]

Docter kita mungkin bakal memberikan injeksi antiinplamasi. Injeksi kortison bisa diberikan dgn cara langsung di titik leher yg kaku, & bakal menurunkan infeksi di leher, yg dapat jadi faktor penyebab kekakuan ini.[9]

Cari bantuan medis bila kita menyadari tanda yg berat.

Kaku leher merupakan salah satu tanda utama meningitis, suatu penyakit bactery serius yg mengakibatkan pembengkakan di sekitar otak.[11] Kaku leher pun dapat menandakan bahwa kita mengalami serangan jantung. [12] Carilah pertolongan medis segera bila kita mengalami tanda berikut ini:

  • Mual & muntah.
  • Kesulitan menyentuhkan dagu ke dada Anda.
  • Sakit dada atau sakit di lengan kiri.
  • Bila kita kesulitan buat duduk, berdiri, atau berjalan, segera temui docter.

Faktor penyebab Leher kaku & tegang

Sebenarnya terdapat banyak sekali perkara yg dapat mengakibatkan munculnya gangguan leher kaku & juga tegang yg terjadi di diri kita. perkara tersebut wajar adanya, sebab keadaan leher yg kaku & juga tegang merupakan respon pisiologis tubuh dari otot & juga syarap yg mengalami gangguan sebab faktor penyebab tertentu. Jadi jika kita mengalami keadaan leher yg kaku & juga tegang, maka berarti syarap & juga otot kita mengalami ganggun, yg dapat diakibatkan oleh beberapa perkara berikut ini:

Terlalu banyak beban pikiran

Paktor pertama yg mungkin bisa mengakibatkan terjadinya keadaan leher yg mengalmi tegang & juga kaku apalah paktor psikologis. perkara in iterjadi saat kita mengalami banyak tekanan, yg membuat adna jadi stress. Saat kita jadi stress, maka dapat saja bakal muncul apa yg disebut dgn istilah psikosomatis, yakni keadaan gangguan kesehatan atau pisiologis yg faktor penyebabnya ialah gangguan di area psikologis.

Hal tersebut bisa mengakibatkan banyak hal, salah satunya ialah syarap & juga otot- otot yg jadi kaku & juga tegang. Maka dari itu, ketka kita telah merasakan bebena & juga tuntutan hidup kita semakin berat, kita wajib buat mencari tips gar bisa menurunkan tekanan ini. tips terbaik buat melakukan perkara ini ialah berekreasi ke tempat wisata, atau menenangkan diri dgn tips meditasi sederhana.

Tiap orang memilki tips yg berbeda – beda buat mereduksi tekanan & juga stress yg dimiliki, sehingga perkara tersebut bisa mempunyai hasil yg berbeda – beda. Namun, yg terpenting ialah kita mesti tau tips terbaik yg mesti kita lakukan buat mereduksi stress & tekanan di diri anda.

Kelaparan

Paktor kelaparan pun menyumbang munculnya gangguan leher kaku & juga tegang. BIsanya perkara tersebut berakibat juga di munculnya nyeri kepala ataupun pusing. perkara tersebut mungkin cukup jarang terjadi, tapi di beberapa kasus, saat seseorang mengalami kelaparan, maka bakal berpengaruh kepada keadaan pisiknya, salah satunya ialah keadaan otot & juga syarap yg lalu jadi kaku & juga tegang.

Kelelahan

Paktor berikutnya yg tersering mengakibatkan terjadinya leher kaku & juga tegang ialah paktor kelelahan. Ya, saat seseorang merasa lelah, maka tubuh memerlukan istirahat. Tapi demikian, terdapat beberapa keadaan dimana saat seseorang telah lelah, masih dipaksakan buat beraktivitas, yg bakal mengakibatkan kelelahan jadi bertambah parah. perkara tersebut memicu terjadinya gangguan di otot & juga syarap, salah satunya yg ada di bagian leher, sehingga membuat leher kita jadi kaku & tegang.

Cara terbaik buat mencegah perkara tersebut ialah dgn tips beristirahat yg cukup, apalagi saat kita merasa lelah. Jangan pernah memaksakan kemampuan diri anda, sebab bisa membahayakan diri kita sendiri.

Posisi tidur yg tak tepat

Pernahkah kita bangun dari tidur, kemudian merasakan bahwa leher kita terasa nyeri,kaku & juga tegang? Ya, perkara tersebut pun cukup kerap terjadi saat kita mengambil posisi tidur yg salah. perkara tersebut agak sulit buat dijauhi, sebab saat sedang tidur, kita mungkin tak menyadari posisi tidur anda, sehingga perkara tersebut bisa terjadi begitu saja. Tapi yg perlu kita perhatikan keika kita bangun tidur & mengalami leher yg kaku & juga tegang, kita mesti beristiahat sebentar, kemudian lalu cobalah buat memijat – mijat bagian leher kita yg nyeri dgn memakai minyak gosok, dan coba buat melakukan gerakan di leher anda.

Panic Attack

Panic attack merupakan keadaan dimana seseorang mengalami gangguan panik dgn cara tiba – tiba. perkara tersebut merupakan salah satu tanda psikologis, yg berasal dari pikiran seseorang. Saat mengalami panic attack, seseorang bakal merasakan pusing & juga mual, dan epek lanjutannya ialah tubuh jadi terasa kaku & otot menegang, termasuk otot leher. Orang yg mengalami panic attack mesti ditangani oleh mereka yg kompeten dalam melakukan terapi psikologis, sebab berhubungan dgn perubahan pola kognisi & juga alam bawah sadar individu.

Tubuh yg terlalu pasip & jarang bergerak

Bagi kita yg jarang bergerak, pasti kita kerap mengalami perkara ini. Ya, keadaan leher yg kaku & juga tegang pun bisa diakibatkan sebab keadaan tubuh kita yg pasip & tak banyak bergerak. perkara tersebut bakal mengakibatkan otot & juga syarap kita tak bisa bekerja dgn baik, sehingga bisa memicu terjadinya keadaan leher yg kaku & juga tegang. perkara in ijuga bisa terjadi saat kita berada teralalu lama di posisi tubuh tertentu. Contohnya terlalu lama berdiri, ataupun terlalu lama mengenok, sehingga mengakibatkan leher jadi kaku & juga tegang.

Posisi ergonomis yg buruk

Posisi ergonomis merupakan salah satu perkara yg trkadang banyak diacuhkan & tak dipedulikan. Padahal posisi ergonomis yg salah bisa mengakibatkan banyak gangguan kesehatan, seperti rasa nyeri di tulang belakng & juga otot syarap yg terasa nyeri. Conoth dari posisi ergonomis yg buruk ialah berjalan dgn membungkuk, mengetik dgn posisi keyboard yg terlalu tinggi, kursi tanpa sandaran belakang, & masih banyak lagi.

Gangguan di system syarap & juga otot

Merupakan faktor penyebab lainnya dari leher yg akku & tegang perkara in iberhubungan dgn keadaan pisik seseorang, yg haus diperiksakan seger ke ahli & juga spesialis syarap.

Tetanus

Tetanus ialah salah satu penyakit termematikan di dunia yg bisa menyebabkan leher kaku & tegang. Selain di leher, bagian rahang umumnya pun jadi susah di gerakan.

Colesterol Tinggi

Leher kerap kaku & tegang, kita wajib mewaspadai colesterol kaya di tubuh anda. Tidak boleh sepelekan ini, apalagi bila kita pun mengalami rasa penat di pundak anda. kita tak dapat mengonsumsi makanan yg memiliki kandungan colesterol tinggi buat mengjauhinya.

Darah Tinggi

Nah hati hati dgn salah satu penyakit satu ini, dapat jadi dia pun sudah bersarang di diri anda. Tekanan darah tinggi pun bisa mengakibatkan leher kita kaku & tegang. Baca pun : Pantangan darah tinggi

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Obat Tegang Leher dan Kaku semoga bermanfaat 🙂 baca juga cara mengobati keputihan

http://www.obatsakitpinggangtradisional.web.id/

Obat Tegang Leher dan Kaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *