Ciri Ciri Penyakit Usus Buntu

By | 09/10/2017

Ciri Ciri Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu atau appendicitis ialah suatu keadaan yg mengakibatkan infeksi di usus buntu. Usus buntu ialah sebuah struktur memiliki bentuk selang yg kecil yg menempel di bagian awal usus besar. Usus buntu terletak di perut bagian kanan bawah. umumnya usus buntu tak mempunyai pungsi tapi saat tersumbat, usus buntu bisa membahayakan tubuh dan menyebabkan Gejala Penyakit Usus Buntu

Ciri Ciri Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu biasanya terjadi akibat adanya penumbatan. Penyumbatan tersebut bisa diakibatkan oleh peses, benda asing, atau kanker. Saat tersumbat, bactery bisa bertumbuh & berkembang. perkara tersebut mengakibatkan usus buntu membengkak & terisi nanah. Bila usus buntu pecah, bactery bisa menyebar & mengakibatkan peradangan menuju seluruh tubuh. Pada kasus yang lain, usus buntu bisa meradang akibat adanya infeksi akibat bakteri yang masuk dalam tubuh

Selain itu ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko terserang penyakit usus buntu, diantaranya sebagai berikut : 

  • Peradangan usus
  • Riwayat keluarga mengidap usus buntu atau cystic pibrosis
  • Diet rendah serat & kaya karbohidrat

Di atas ialah faktor penyebab dari usus buntu. Sesudah membahas mengenai faktor penyebab dari usus buntu kali ini bakal dijelaskan mengenai tanda yg kerap dialami pengidap usus buntu. Apa saja tandanya? Berikut ulasannya!

Nyeri di Bagian Perut

Nyeri di bagian perut merupakan tanda utama yg kerap dialami seseorang yg terserang penyakit usus buntu. Untuk mendeteksi adanya penyakit usus buntu, kita bisa menekan bagian perut bawah. Jika terasa sakit, sebaiknya periksakan segera ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. perkara tersebut sebab dapat saja ciri ini bisa mengindikasikan kita terserang usus buntu.

Dengan tahu gejalanya sejak dini, maka dokter bisa lebih mudah memberikan pengobatan yang paling cepat untuk mengatasi penyakit usus buntu. Selain itu penderita juga dianjurkan untuk menghindari berbagai pantangan yang diberitahukan oleh dokter

Mengalami Mual & Muntah

Tanda yg kedua ialah kerap mual & Bila kita mengalami perkara ini lebih dari 12 jam, dokter adalah pilihan tepat yang sebaiknya anda kunjungi. Tak hanya itu, selain mual & muntah tanda usus buntu yg kerap dialami pengidapnya ialah perut kembung & kerap buang gas yg dibarengi dengan rasa nyeri di bagian perut.

Demam tinggi

Selain nyeri perut, mual & juga muntah, tanda usus buntu yg selanjutnya ialah demam tinggi. Bila demam tak berangsur turun & semakin parah, perkara tersebut bisa artikan bila keadaan & kondisi usus buntu juga semaki buruk.

Nyeri di pusar merupakan tanda usus buntu yg pertama

Sakit sebab usus buntu kerap kali muncul di perut bagian kanan bawah. Tapi, ciri pertamanya ialah rasa tak nyaman di sekitar pusar, yg lalu bergerak menuju perut bagian bawah.

Beberapa orang, termasuk anak-anak & perempuan hamil, bisa merasakan sakit di area yg berbeda di perut atau sampingnya. Rasa nyeri ini pun bakal memburuk bila kamu menggerakkan kaki atau perutmu; batuk atau bersin; atau saat kamu bergetar –contohnya saat berkendara melewati jalanan yg tak rata. Waspadai bila kamu merasakan tanda usus buntu ini.

Rasa nyeri yg memburuk dengan cepat

Begitu rasa nyeri berada di bagian bawah perut, rasa nyerinya dapat sungguh intens tidak seperti biasanya. Apendisitis (usus buntu) dapat cukup parah hingga dapat membangunkan seseorang yg sedang tidur. Saat rasa nyerinya menyerang, taraf keparahan nyerinya dapat meningkat dengan cepat dalam hitungan jam, ujar Dr. Payne.

Demam ringan & menggigil

Tanda usus buntu dapat menyerupai penyakit flu perut (terkena virus perut), termasuk diantaranya demam ringan, menggigil, & gemetar. Namun jiga demam mencapai 103 derajat Pahrenheit atau 39 derajat Celcius & rasa sakit di perutmu sungguh parah hingga kamu tak dapat berdiri tegak, kemungkinan itu ialah usus buntu.

Muntah, mual, atau kehilangan napsu makan

penderita usus buntu, bisa mengalami mual dan muntah serta hilangnya nafsu makan, sama seperti bila kamu mengalami flu perut (terkena virus perut). Bila keadaan tersebut membaik dalam satu atau dua hari, kemungkinan kamu tak bakal apa-apa.

Namun bila terus memburuk –apalagi bila kamu pun mengalami demam & sakit perut di kanan bawah– Dr. Payne menyarankan buat mencari perhatian medis. Bila kamu muntah-muntah selama lebih dari 12 jam, atau mengalami diare selama lebih dari beberapa hari, kamu perlu menghubungi docter.

Konstipasi (susah BAB) atau diare

Seperti banyak tanda lainnya, tanda tersebut dapat jadi tak parah & kadang bakal datang sesudah kamu mengalami sakit perut. Namun bila kamu mengalami diare – apalagi bila terdapat banyak lendir didalamnya – dibarengi dengan rasa nyeri di perut bagian kanan bawah, segera temui docter.

Makan lima potong pijja & mengakhirinya dengan beberapa bir bakal membuat siapa saja mengalami kembung & gangguan pencernaan. Namun bila kamu tidur sesudah menikmati makanan & terbangun masih dengan rasa nyeri –atau rasa nyerinya semakin parah– kamu mesti waspada. Juga, waspialah bila kamu mengalami kembung lebih dari beberapa hari, perut yg berisi banyak gas dibarengi dengan nyeri perut, atau punya problem mengeluarkan gas. 

Cara Pengobatan Usus Buntu Secara Medis

Terapi radang usus buntu yakni dengan mengangkat usus buntu, dikenal dengan appendectomy. Appendectomy yakni pembedahan perut darurat yg terkerap dilakukan. terdapat 2 jenis appendectomy:

  • Laparoscopy Appendectomy: sebuah selang (scope) yg dimasukkan menuju perut buat melihat & mengangkat usus buntu
  • Open Appendectomy: sebuah operasi yg memotong perut kanan bawah buat mengangkat usus buntu
  • Docter umumnya memberikan antibiotik buat mengatasi peradangan, anti sakit, & pelunak peses buat mengatasi konstipasi.

Pada kasus yg ringan, kebanyakan orang dirawat selama 1 hari atau bisa pulang di hari yg sama dengan operasi. buat kasus yg berat di mana usus buntu telah pecah, penderita bakal dirawat inap lebih lama & bakal diberikan suntikan antibiotik. Docter bakal memonitor adanya komplikasi.

Apa saja tes yg umum dilakukan buat penyakit usus buntu?

Untuk membuat diagnosis yg tepat, docter kita melakukan pemeriksaan berikut:

  • Pemeriksaan pisik buat menilai sakit Anda
  • Pemeriksaan darah buat melihat adanya peradangan
  • Pemeriksaan urin buat memastikan sakit kita tak diakibatkan oleh peradangan saluran kencing atau batu ginjal
  • Pemeriksaanimaging seperti ks-ray, ultrasound perut, atau computerijed tomography (CT)

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Gejala Penyakit Usus Buntu dan pengobatannya semoga bermanfaat 🙂 

http://www.obatsakitpinggangtradisional.web.id

Ciri Ciri Penyakit Usus Buntu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *