Apakah Limfoma Bisa Disembuhkan

By | 29/04/2017

Apakah Limfoma Bisa Disembuhkan

Apakah Limfoma Bisa Disembuhkan

Tidak boleh anggap sepele benjolan atau bengkak di leher, ketiak, atau pangkal paha, karena bisa jadi merupakan salah satu gejala penyakit limfoma atau kanker kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening yg terletak di seluruh tubuh merupakan salah satu bentuk daya tahan tubuh buat melawan peradangan. Cairan limpatik berwarna putih susu tersebut memiliki kandungan protein, lemak, & limposit (sel darah putih).

Cairan tersebut mengalir ke seluruh tubuh lewat pembuluh limpatik. fungsinya membantu melindungi tubuh melawan bactery dengan tips membuat antibodi & memusnahkan bactery.

Sayangnya, dalam kasus tertentu, sel limposit akan mengalami mutasi yg menyebabkan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening. Sel-sel yang tidak normal tersebut lantas akan terus mengganas serta berubah menjadi kanker kelenjar getah bening (penyakit limfoma) sehingga sangat membahayakan hidup manusia.

Jenis kanker kelenjar getah bening merupakan yg ketiga yg tercepat tumbuhnya sesudah kanker kulit & kanker paru-paru. Cara kerja penyakit ini yaitu dengan merusak system limpatik tubuh yg dalam kondisi normal jadi komponen utama system kekebalan tubuh melawan peradangan & kanker.

Lalu Apakah Limfoma Bisa Disembuhkan

Meski tergolong penyakit mematikan, penyakit limfoma dapat masih dapat disembuhkan. “Penanganannya dapat dilakukan lewat terapi kemo, terapi antibodi monoklonal, radiasi, terapi biologis, ataupun cangkok sumsum tulang,” kata Dr. Noorwati.

Ada pengidap yg dapat mengalami kesehatan total setelah menjalani terapi tersebut. ada pula pengidap yg mesti menjalani penanganan seumur hidup. Cara tersebut berlaku buat mencegah semua jenis kanker. Tak hanya kanker penyakit limfoma saja.

Untuk mengobati penyakit limfoma ini bisa terapi Kemo Hingga Stem Cell

Terapi kemo

Terapi kemo dilakukan dengan memakai obat-obatan buat membunuh sel-sel kanker. Terapi tersebut disebut dengan terapi systemik sebab obat bakal mengalir di sepanjang aliran darah & memburu sel-sel kanker ke seluruh tubuh. Terapi tersebut bisa dijalani lewat oral (mulut), pembuluh darah balik, atau di ruang antara sumsum tulang belakang. hanya saja terapi ini menimbulkan efek samping yang merusak, seperti membuat tubuh lemah dan menyebabkan kebotakan. tapi tentu saja manfaat yang didapat juga tentunya lebih besar dibandingkan dengan efek sampingnya

Terapi biologi

Terapi tersebut dipakai untuk menguatkan system imun tubuh, sehingga bisa melawan kanker dengan epektip. Antibodi monoklonal dipakai buat mengobati penyakit limfoma. Antibodi tersebut ialah protein yg mengikatkan diri di sel-sel kanker buat membantu system kekebalan tubuh membunuh sel-sel penyakit limfoma. Penderita mendapat penanganan tersebut lewat pembuluh darah (vena), di klinik (tempat praktek docter) atau di rumah sakit.

Terapi radiasi

Terapi Radiasi (radioterapi) memakai sinar berenergy kaya buat membunuh sel-sel penyakit limfoma non-Hodgkin. Penanganan tersebut bisa memperkecil tumor & membantu mengendalikan rasa nyeri.

Ada dua jenis terapi radiasi untuk penyakit limfoma:

  • Radiasi eksternal: Sebuah mesin besar bakal mengarahkan sinar ke bagian tubuh di mana sel-sel penyakit limfoma terkumpul. Terapi tersebut bersipat lokal sebab hanya memengaruhi sel-sel di area yg diatasi. Sebagian besar pengidap pergi ke rumah sakit atau klinik buat dirawat 5 hari dalam seminggu, selama beberapa minggu.
  • Radiasi systemik: Beberapa pengidap penyakit limfoma bakal mendapat suntikan bahan radioaktip yg bakal mengalir ke seluruh tubuh. Bahan radioaktip itu bakal terikat di antibodi yg menargetkan & menghancurkan sel-sel penyakit limfoma.

Transplantasi sel induk

Transplantasi sel induk yg membentuk darah memungkinkan orang memperoleh terapi kemo dosis tinggi, terapi radiasi, atau keduanya. Terapi kemo dosis kaya tersebut bakal menghancurkan sel-sel penyakit limfoma sekaligus sel-sel darah normal dalam sumsum tulang.

Lalu penderita bakal memperoleh sel-sel induk yg sehat lewat tabung pleksibel yg dipasang di pembuluh darah balik besar di area dada atau leher. Sel-sel darah yg baru bakal tumbuh dari sel-sel induk hasil transplantasi ini. Tranplantasi sel induk dilakukan di rumah sakit. Sel-sel induk tersebut dapat diperoleh dari penderita sendiri atau dari donor.

Selain dengan pengobatan medis, untuk atasi penyakit limfoma bisa juga dengan menggunkana ramuan tradisional dari bahan bahan alami.

http://www.obatsakitpinggangtradisional.web.id

Apakah Limfoma Bisa Disembuhkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *